Membuat sendiri Rujak Serut ala Abang Abang Rujak di rumah







Indonesia terkenal akan sajian yang unik dan tentu saja nikmat, tidak terkecuali dengan olahan makanan ringan atau bahkan hidangan pencuci mulut.  Suasana terik tidak hanya bisa nada hilangkan dengan buah atau puding saja tetapi juga sajian rujak buah yang segar dan pedas tentu akan memberikan sensasi makan yang berbeda.  Rujak sendiri adalah perpaduan antara buah serta beberapa bumbu termasuk gula dan cabai merah yang disatukan dalam satu wadah.


Ada banyak rujak yang kita kenal misalnya saja rujak bebegh, rujak potong serta rujak serut.  Kali ini kita akan mengupas Resep Rujak Serut  yang memang paling pas disantap saat cuaca panas.  Untuk pemilihan buah biasanya bisa anda pilih sesuai dengan selera. Termasuk tingkat kepedasan yang bisa anda sesuaikan sendiri.  Rujak serut ini paling nikmat dimakan saat keadaan dingin.  Yuk intip resepnya.


Bahan yang dibutuhkan:

Mangga mengkal sebanyak 200 gram, serut kasar
Ketimun sebanyak 2 buah, kupas, buang biji dan serut kasar
Bengkuang sebanyak 100 gram, serut kasar
Pepaya mengkal sebanyak 100 gram, serut kasar
Kedondong sebanyak 2 buah, serut kasar
Jeruk bali sebanyak 200 gram, kupas dan suwir-suwir

Sambal rujak :

Cabai rawit merah sebanyak 3 buah
Terasi goreng sebanyak ½ sdt
Garam sebanyak ¼ sdt
Gula merah sebanyak 200 gram
Kacang tanah kulit goreng sebanyak 50 gram
Nanas sebanyak 50 gram, serut kasar
Air asam jawa sebanyak 1 sdm



Cara Membuat Rujak Serut  :

Pertama kita membuat sambalnya terlebih dahulu, uleg kasar semua bahan sambal seperti rawit merah, terasi, garam, dan gula merah.
Tambahkan potongan nanas ke dalam sambal rujak, uleg kembali dan sisihkan.
Tata semua buah pada mangkuk yang agak besar kemudian tuangkan sambal rujak diatasnya, diamkan selama kira-kira satu jam di dalam lemari dan rujak serut bisa dinikmati.


Semakin lama mendiamkan buah dalam kuah, maka tekstur buah akan semakin lembek dan berair.  Jika anda ingin menikmati rujak serut sekaligus merasakan sensasi kriuk dari buah tidak perlu membiarkan buah terlalu lama. Tetapi jika anda ingin rujak serut yang benar-benar terasa, anda bisa merendam buah lebih lama lagi.  Sebaiknya simpan buah dalam keadaan tertutup agar buah tidak menjadi kering.  Jika anda suka kacang tanah yang masih terasa saat dikunyah, jangan uleg kacang tanah sampai benar-benar hancur.  Selamat mencoba.



Tag : Bedah Resep
Back To Top