Suka Dengan Nasi Goreng...? Yuk Kita Bikin Stok Bumbu Nasi Goreng dengan Cara Mudah Ini!



Demi Membuat Nasi Goreng enak ala Abang Abang yang muterin komplek Bunda, berikut adalah Beberapa persiapan Bumbunya Nasi Goreng uenak



Agar tak repot, bumbu nasi goreng bisa dibuat dan disimpan dulu. Cukup ikuti beberapa langkah singkat ini.

Bumbu nasi goreng di restoran atau warung makan umumnya sudah dibuat dalam bentuk pasta. Ini supaya lebih praktis saat meraciknya. Kalau ingin meniru cara mereka bikin stok bumbu nasi goreng juga gampang caranya.

1.Bahan

Siapkan 250 g cabe merah besar, buang bijinya, 5 buah cabe merah keriting, 5 buah cabe rawit merah, 8 butir bawang merah, 4 siung bawang putih dan 1 sdt terasi goreng/kukus dan 1 sdt garam.

Kukus atau rebus cabe, bawang merah dan bawang putih hingga lunak lalu angkat.


2.Blender

Masukkan semua bahan dalam mangkuk blender, beri sedikit air. Proses hingga lembut atau halus.


3.Masak

Panaskan 3 sdm minyak sayur dalam wajan. Tuangkan bumbu halus dan masak hingga mendidih dan agak kental berminyak. Pastikan air dalam cabe sudah menguap.

4. Kemas

Dinginkan sambal lalu masukkan ke dalam wadah bersih bertutup. Bisa memakai maison jar yang bertutup rapat. Simpan dalam suhu ruang. Tetapi jika tak setiap hari dipakai, simpan dalam lemari es agar tahan disimpan lebih dari seminggu.

Saat akan dipakai, tinggal panaskan secukupnya sesuai jumlah nasi dan tambahkan bahan-bahan lain dan nasi sesuai selera.


Tag : Bedah Resep
Back To Top