Apakah Bisa Menjadi Lahan Pekerjaan Baru..? 50 Pengamen Bersertifikasi Dapat Tempat Ngamen, di 20 Mal di Jabodetabek




Sebanyak 50 pengamen atau musisi jalanan yang lolos audisi program Kartu Bebas Ngamen atau Support Performer Card (Supercard) Jabodetabek, yang digelar Kemendikbud bersama Institut Musik Jalanan (IMJ) beberapa waktu lalu, diproyeksikan akan mendapat tempat mengamen permanen atau tempat bermain musik bagi mereka di 20 mal atau pusat perbelanjaan besar di Jabodetabek.


Sebelumnya ke 50 pengamen yang dinyatakan bersertifikasi Supercard Jabodetabek ini, telah melewati pembinaan baik di IMJ maupun oleh pembina di Kemendikbud termasuk sejumlah musisi ternama.

Bahkan pada Senin, 5 Juni 2017 lalu, mereka sudah unjuk kebolehan didepan ke 20 pengelola dan pelaku usaha mal yang diundang Kemendikbud.

Penampilan para pengamen di depan pelaku usaha ini, juga disaksikan langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.


Dalam sambutannya Muhadjir mengaku berkomitmen mensukseskan program ini bersama IMJ, karena dianggap sebagai salah satu solusi memecahkan masalah kesejahteraan sosial, terutama pengamen dan meminta dukungan atau hal serupa dari para pelaku usaha mal.

"Ke 20 pelaku usaha mal yang diundang Kemendikbud, sangat antusias melihat penampilan para musisi jalanan bersertifikasi Supercard ini, saat unjuk kebolehan di Kemendikbud," kata pendiri IMJ Andi Malewa selaku penggagas program ini, kepada Warta Kota, Minggu (11/6/2017).

Bahkan katanya, para pelaku usaha mal yang hadir, mengaku sangat tertarik untuk menyediakan tempat khusus di lokasi usaha mereka bagi para musisi jalanan.

Menurut Andi, pihaknya dan Kemendikbud telah membentuk tim kecil untuk bergerilya ke 20 mal di Jabodetabek yang sudah menyatakan komitmennya sebagai tindak lanjut program.

"Kami bergerilya ke mal-mal yang ada untuk penjajakan. Sejak 10 sampai 18 Juni, IMJ dan Kemendikbud bentuk team kecil untuk sosialisasi ke mall-mall menindaklanjuti program ini," kata Andi.

Dengan begitu katanya diharapkan sebelum akhir tahun, ke 50 musisi jalanan bersertifikasi ini sudah mendapatkan tempat mengamen yang layak di mal di Jabodetabek.

"Kemendikbud sangat mensupport program ini. Pak Menteri berharap program ini akan dijalankan juga di daerah-daerah lain nantinya. Karenanya yang di Jabodetabek ini menjadi area trial sebelum dilaksanakan bertahap secara nasional," kata Andi.


Semoga Menginspirasi 

Tag : Trending
Back To Top