MENGEJUTKAN...!! Berikut adalah Manfaat dan Khasiat Batang Eceng Gondok Untuk Kesehatan





Eceng gondok seringkali tumbuh secara liar di area sungai atau rawa. Kehadiran tanaman ini sering dianggap sebagai pengganggu karena dapat menjadi salah satu penyebab banjir. Hal ini dikarenakan batang eceng gondok tumbuh sangat cepat dan dapat menyumbat aliran air.


Secara tampilan, tanaman eceng gondok memiliki daun tebal dan memiliki bunga indah berwarna ungu. Batang eceng gondok nampak menggembung dan berongga pada bagian dalamnya. Di beberapa daerah, eceng gondok disebut juga sebagai bengok atau wewehan.


Batang eceng gondok, biasa dimanfaatkan sebagai bahan dasar anyaman. Sedangkan daunnya dapat diolah menjadi sup lezat yang kaya gizi. Namun, ini bukanlah satu-satunya manfaat tanaman yang sering dianggap gulma ini. Nyatanya, batang eceng gondok juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

batang eceng gondok, manfaat batang eceng gondok, khasiat batang eceng gondok

Batang tanaman eceng gondok mengandung kalium, kalsium, magnesium, SiO2, chlorida, cupper dan ferum yang berguna bagi tubuh. Adapun manfaat batang eceng gondok yang bisa Anda rasakan antara lain :

1. Menyembuhkan sakit gigi

Manfaat batang eceng gondok yang pertama adalah untuk mengobati sakit gigi. Berkumur dengan air rebusan batang eceng gondok yang masih hangat dapat meringankan rasa nyeri sekaligus membunuh bakteri. Cara seperti ini juga sangat efektif untuk mengobati gusi yang bengkak.


2. Mengobati panas dalam

Mengalami panas dalam memang sangat mengganggu aktivitas. Apalagi jika panas dalam sudah menimbulkan nyeri dan panas tenggorokan. Masalah seperti ini sebenarnya dapat Anda atasi dengan mudah hanya menggunakan batang eceng gondok. Caranya, cukup belah batang tanaman eceng gondok menjadi dua bagian lalu cuci bersih. Setelah itu, rebus batang tanaman eceng gondok dan minum airnya ketika sudah dingin. Lakukan secara rutin setidaknya dua kali dalam sehari masing-masing satu gelas.

3. Mengobati sakit perut

Jika Anda mengalami sakit perut atau gangguan pencernaan lainnya, Anda cukup memasak eceng gondok sebagai sup. Masak bagian batang dan juga daunnya. Selain mengobati penyakit pencernaan, masakan yang terbuat dari eceng gondok juga memiliki rasa yang enak dan segar.

4. Mengobati asma

Tanaman eceng gondok juga dapat digunakan untuk mengobati asma atau sesak nafas. Caranya sama dengan mengambil manfaat batang eceng gondok untuk mengobati sakit perut, hanya saja Anda perlu mencampurkan akar tanaman eceng gondok dalam masakan.

5. Mengobati  bisul

Seluruh bagian tanaman eceng gondok mampu mengeringkan bisul serta mnegurangi rasa nyeri yang menyertainya. Caranya, tumbuk tanaman eceng gondok secukupnya lalu campur dengan garam. Gunakan ramuan ini untuk membalur bisul dan tutup dengan kasa steril. Lakukan terus menerus hingga bisul kering.

6. Menghilangkan rasa gatal akibat bulu ulat atau serangga

Tanaman wewehan juga dapat digunakan untuk menghilangkan gatal akibat serangga. Hal ini dikarenakan tanaman ini memiliki efek anti-pruritus. Caranya, tumbuk batang dan daun tanaman ini lalu balurkan pada bagian yang terasa gatal. Lakukan dengan sedikit menggosok agar bulu ulat ikut keluar. Setelah itu, biarkan sejenak dan bilas dengan air hangat hingga bersih.

7. Mengobati biduran

Biduran merupakan sejenis alergi yang kambuh ketika tubuh terpapar hawa dingin. Biduran akan menimbulkan rasa gatal, bentol-bentol dan juga ruam merah. Penyakit biduran sebenarnya akan segera sembuh jika suhu sudah kembali normal dan tubuh beristirahat sejenak. Namun, jika ingin sembul lebih cepat, Anda bisa meminum air rebusan batang eceng gondol. Tumbuk juga daun dan akar eceng gondok sebagai obat luar.

8. Memperlancar buang air kecil

Manfaat batang eceng gondok lainnya adalah untuk memperlancar proses  buang air kecil. Hal ini diakarenakan tanaman ini memiliki sifat diuritik yang mampu memperlancar sekresi urin sekaligus mengurangi rasa sakit saat berkemih.

9. Menurunkan panas atau demam pada anak

Daun dan batang eceng gondok memiliki sifat mendinginkan. Karenanya, tumbukan daun dan datang tanaman ini dapat digunakan sebagai kompres penurun demam pada anak. Selain digunakan sebagai kompres, air rebusan tanaman ini juga dapat diminum untuk mempercepat penurunan suhu tubuh.

10. Memperbaiki fungsi hati

Memakan masakan yang terbuat dari tanaman eceng gondok setiap hari dapat membantu memperbaiki fungsi hati. Hal ini dikarenakan tanaman eceng gondok memiliki fungsi detoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh. Efek detoksifikasi inilah yang kemudian mampu memperingan kinerja hati sehingga hati memiliki cukup waktu untuk memperbaiki fungsinya.

11. Menurunkan asam lambung

12. Memperbaiki fungsi ginjal

13. Menguatkan tulang

14. Menguatkan gigi

15. Sumber serat

16. Melancarkan pencernaan

Demikianlah khasiat dan manfaat batang eceng gondok bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Selain eceng gondok, masih ada manfaat batang tanaman lain yang juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Dengan mengkombinasikan aneka manfaat batang tumbuhan, Anda bisa mendapatkan tubuh sehat tanpa harus meminum obat-obatan kimia.


Back To Top